Informasi Seputar makhluk Astral Terlengkap

5 Tempat Angker dan Keramat di Jawa Tengah

Angker dan Keramat. Bagi masyarakat Jawa kedekatan dengan budaya dan para sesepuh atau leluhur menjadi hal yang harus dilestarikan. Kedekatan dan kekentalan tradisi menjadikan kekeramatan tidak lepas dari predikat Jawa. Keris sebagai lambang senjata yang dikeramatkan juga berasal dari Jawa. Tak hanya senjatanya, bahkan beberapa tempat yang ada di Jawa dipercaya menjadi tempat angker dan keramat. Yang akan dibahas dalam artikel ini khusus untuk daerah Jawa Tengah, disinilah lahir kerajaan Mataram yang dikenal akan Raja-Rajanya yang berwibawa, penuh dengan kesaktian. Tempat angker dan keramat adalah istilah yang diberikan kepada sebuah lokasi dengan energi gaib yang menyelubungi, istilah Jawa nya banyak dihuni hantu dan genderuwo. Masyarakat percaya bahwa tempat-tempat tersebut menyimpan kekuatan mistis dari orang-orang terdahulu serta kejadian-kejadian di masa lampau. Entah kejadian yang memilukan atau juga peristiwa-peristiwa sakral masa lampau. Berikut beberapa tempat yang dianggap keramat oleh masyarakat Jawa Tengah :

apikCerita tentang Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul tak asing lagi bukan di telinga kita? Ya, cerita dan legenda yang satu ini memang menyimpan begitu banyak misteri yang membuat bulu kuduk merinding. Sejak dahulu keberadaan Ratu Pantai Selatan telah diakui bahkan presiden Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno dikabarkan memiliki hubungan dengan Nyi Roro Kidul. Dialah ratu penguasa laut Jawa yang dikenal dengan Pantai Selatan dimana pasukan jin dan makhluk halus berjumlah ribuan menghuni pantai tersebut.

Desas-desus yang beredar mengatakan bahwa kita harus berhati-hati jika mengunjungi tempat ini. salah-salah kita bisa terbawa arus dan masuk dalam dunia mereka. Katanya jika kita memakai baju berwarna hijau dan berada di wilayah pantai selatan, maka kita akan dijemput oleh Nyi Roro Kidul untuk dibawa ke tempatnya dan menjadi budaknya. Entah benar atau tidak tapi masyarakat meyakini akan hal ini meski tak bisa dipikir dengan logika dan akal sehat. Kawasan pantai selatan yang dianggap paling angker adalah Parangkusumo, yaitu pantai tempat berlabuhnya Keraton Yogyakarta. Pantai ini dianggap sebagai pintu gerbang menuju keratin Ratu Kidul. Selain Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis dan Goa Langse (untuk pertapaan) juga menjadi bagian angker dari kawasan Pantai Selatan.

  • Gunung Merapi

gunung merapiGunung Merapi adalah gunung paling aktif yang diakui dunia. Letusan-letusannya yang terjadi setiap 4 tahun sekali menjadi kekhawatiran bagi masyarakat sekitar. Gunung yang terletak antara 4 kawasan yaitu antara Magelang, Klaten, Yogyakarta dan Boyolali ini memuntahkan seluruh isi perutnya jika meletus, sampai-sampai membawa korban nyawa yang tidak sedikit. Bahkan sang Juru Kunci, ‘Mbah Marijan’ turut menjadi korban yang terbunuh dalam peristiwa letusan gunung angker ini pada tahun 2010 lalu. Letusan yang tak kalah hebat juga terjadi pada tahun 2006 yang menimbulkan gempa luar biasa di Yogyakarta dan sekitarnya. Kabarnya, di gunung ini bersemayam Eyang Sapu Jagat sang penguasa gunung berapi tersebut. Keraton Yogyakarta selalu melakukan ritual setiap tahunnya untuk menghormati Eyang Sapu Jagat.

Para pendaki Gunung juga tidak asing lagi dengan Pasar Gaib, pasar makhluk halus yang dikenal dengan nama Pasar Bubrah. Bahkan baru-baru ini, pertengahan Mei 2015 terjadi peristiwa aneh yang menewaskan seorang pendaki yang berasal dari Yogyakarta. Ia tewas tercebur ke dalam kawah merapi setelah melakukan foto selfie di atas batu bekas puncak garuda.

  • Keraton Yogyakarta

Kesan yang kejawen, penuh kebudayaan dan makna dalam dari warisan nenek moyang memang amat melekat dalam bangunan keraton yang amat megah, yaitu keraton Yogyakarta. Namun siapa yang menyangka dibalik semua itu, keraton Yogyakarta menyimpan berbagai keangkeran. Bila kita berkunjung ke sana pada siang hari, atmosfir keangkerannya tidak begitu terasa namun cobalah anda kesana pada malam hari. Suasana yang terasa sungguh 180 derajat berbeda. Lampu-lampu klasik menghiasi bangunan istana ini, namun kesan keramat tak dapat terelakkan. Hawa dan energi mistik amat terasa mulai senja sampai malam hari. Lokasi yang paling sakral adalah di sekitar lokasi bangsal Proboyeksa di bagian belakang bangsal Kencana. Bangsal Proboyeksa adalah tempat menyimpan pusaka-pusaka keraton, dimana penjaganya bukanlah prajurit dari bangsa manusia melainkan dari makhluk dunia lain. Para abdi dalem dan prajurit yang telah meninggal diyakini masih menjaga senjata-senjata dan pusaka keraton ini.

keraton

Banyak pengunjung yang merasa ada aroma mistis amat terasa disana, mulai darin sang fotografer yang kameranya selalu mati jika dibidikkan pada salah satu objek dalam bangsal ini. Hasil pemotretan yang aneh, kabur dan kamera tak fokus juga sering dijumpai. Selain itu kadang tertangkap gambar dua mata gaib yang menjaga pusaka-pusaka yang sedang dibidik oleh kamera.

  • Lawang Sewu

lawang 1000Sesuai dengan namanya, lawing sewu adalah bangunan yang memiliki seribu pintu. Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa dimana Lawang berarti pintu dan Sewu artinya seribu. Bangunan tua yang berlokasi di Semarang ibukota Jawa Tengah ini menyimpan sejuta kisah mistis yang membuat anda merasa ketakutan jika berada di lokasi ini. Menurut pengakuan penduduk sekitar mereka melihat bayangan-bayangan dan suara-suara aneh di malam hari. Mulai dari noni-noni belanda, hantu wanita berambut panjang, lorong hantu bawah tanah, suara jeritan, aroma aneh, mata-mata gaib, penampakan genderuwo dan lain sebagainya ada semua dalam bangunan ini. Lawang sewu telah berdiri kira-kira 110 tahun lamanya yaitu berdiri sekitar tahun 1904.

  • Gunung Tidar

gunung tidarGunung Tidar tidak aktif seperti gunung Merapi. Gunung ini terletak di kawasan Magelang, Jawa Tengah. Bukan hanya sebagai ikon kota Magelang, bahkan gunung Tidar menjadi ikon misteri yang cukup terkenal. Banyak orang yang menyepi dan melakukan meditasi di tempat ini untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa melakoni ilmu batin. Pada zaman dahulu Gunung Tidar terkenal akan keangkerannya dan menjadi hunian para jin, genderuwo dan bangsa setan. Ada semboyan yang mengatakan, ‘Jalmo Moro Jalmo Mati’ yang berarti bahwa siapa saja yang datang ke Gunung ini sudah dipastikan pulang dalam keadaan mati. Inilah yang menjadi legenda nama Gunung ini, Tidar. Tidar berarti kalo gak mati yang modar. Tidar = Mati dan Modar.

Menurut juru kunci gunung angker ini, Mbah Paiman mengatakan bahwa terdapat dua makam yang dikeramatkan dalam Gunung Tidar yaitu makam dari Kiyai Sepanjang dan makam Sang Hyang Ismoyo yang dikenal dengan nama Kiyai Semar.

 Itulah kelima tempat yang dianggap angker dan keramat oleh masyarakat Indonesia yang ada di Jawa Tengah. Semoga bisa menambah wawasan anda, dan terima kasih.

918 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Incoming search terms:

  • Daerah paling angker dimagelang
  • tempat angker di magelang
  • tempat angker di magelang jawa tengah
  • tempat paling angker di magelang
  • trmpat paling angker di magelang
  • tempat angker di mag
  • tempat angker daerah magelang
  • tempat-tempat angker di magelang
  • daerah angker di magelang
  • tempat mistis di mag
  • tempat keramat di magelang
  • tempat keramat di magelan
  • tempat angker dimagelang
  • goa keramat di jawa tengah
  • kuburan angker di magelang
  • cerita ngentot ditempat sakral